PELATIHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Tenaga Pendidik SMP Negeri 174 Jakarta berupaya meningkatkan literasi bahasa dan literasi numerik

Humas

12/26/20231 min read

MATERI PELATIHAN

Tujuan pelatihan

  1. Mencipptakan kemanan dan kenyamanan sekolah

  2. Mengimplementasikan kurikulum merdeka dan PMM

  3. Menggunakan teknologi untuk meningkatkan literasi dan numerasi

  4. Implementasi P5

Hak warga satuan pendidikan

  1. Aman

  2. Nyaman

  3. Menyenangkan

Iklim keamanan sekolah sangat penting

Aspek keamanan di sekolah

  1. Keamanan psikologis

  2. Keamanan fisik

  3. Keamanan lingkungan

6 Competencies 21th Century

  1. Critical thinking

  2. Communication

  3. Creativity

  4. Collaboration

  5. Computing Logic

  6. Compassion

Memahami garis besar kurmer

Kurikulum merdeka menekankan pentingnya keterpaduan pembelajaran dengan asesmen terutama asesmen formatif sebagai suatu siklus belajar.

Tujuan pendidikan Indonesia adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia berkarakter.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah menetapkan kerangka dasar kurikulum yang terdiri dari struktur kurikulum, capaian pembelajaran, prinsip pembelajaran, dan asesmen.

6 aspek pmahaman yang digunalan dalam CP

  1. Penjelasan

  2. Interpretasi

  3. Aplikasi

  4. Perspektif

  5. Empati

  6. Pengenalan diri

Contoh bentuk pemahaman dalam CP

Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, dari teks deskripsi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

Tujuan Pembelajaran terdiri dari

  1. Kompetensi

  2. Konten

Komponen modul ajar lengkap

  1. Komponen modul ajar

    Fase CP, jumlah jam pelajaran, model belajar, TP, dimensi pancasila, pengetahuan keterampilan

  2. Komponen detail modul ajar per pertemuan

    Bahan ajar, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, indikator keberhasilan, asesmen, sarana, dan prasarana, rencana kegiatan

  3. Lampiran

    Lembar aktivitas, rubrik penilaian, bahan ajar

Komponen modul ajar wajib

TP, langkah-langkah pembelajaran, asesmen

Jenis asesmen

Asesmen formatif, asesmen sebagai refleksi proses pembelajaran, asesmen untuk perbaikan proses pemnelajaran, asesmen sebagai evaluasi pada akhir proses pembelajaran, asesmen sumatif.

Bentuk asesmen formatif dan sumatif

Diskusi, drama, presentasi, produk, tes lisan