PELATIHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Tenaga Pendidik SMP Negeri 174 Jakarta berupaya meningkatkan literasi bahasa dan literasi numerik


MATERI PELATIHAN
Tujuan pelatihan
Mencipptakan kemanan dan kenyamanan sekolah
Mengimplementasikan kurikulum merdeka dan PMM
Menggunakan teknologi untuk meningkatkan literasi dan numerasi
Implementasi P5
Hak warga satuan pendidikan
Aman
Nyaman
Menyenangkan
Iklim keamanan sekolah sangat penting
Aspek keamanan di sekolah
Keamanan psikologis
Keamanan fisik
Keamanan lingkungan
6 Competencies 21th Century
Critical thinking
Communication
Creativity
Collaboration
Computing Logic
Compassion
Memahami garis besar kurmer
Kurikulum merdeka menekankan pentingnya keterpaduan pembelajaran dengan asesmen terutama asesmen formatif sebagai suatu siklus belajar.
Tujuan pendidikan Indonesia adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia berkarakter.
Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah menetapkan kerangka dasar kurikulum yang terdiri dari struktur kurikulum, capaian pembelajaran, prinsip pembelajaran, dan asesmen.
6 aspek pmahaman yang digunalan dalam CP
Penjelasan
Interpretasi
Aplikasi
Perspektif
Empati
Pengenalan diri
Contoh bentuk pemahaman dalam CP
Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, dari teks deskripsi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Tujuan Pembelajaran terdiri dari
Kompetensi
Konten
Komponen modul ajar lengkap
Komponen modul ajar
Fase CP, jumlah jam pelajaran, model belajar, TP, dimensi pancasila, pengetahuan keterampilan
Komponen detail modul ajar per pertemuan
Bahan ajar, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, indikator keberhasilan, asesmen, sarana, dan prasarana, rencana kegiatan
Lampiran
Lembar aktivitas, rubrik penilaian, bahan ajar
Komponen modul ajar wajib
TP, langkah-langkah pembelajaran, asesmen
Jenis asesmen
Asesmen formatif, asesmen sebagai refleksi proses pembelajaran, asesmen untuk perbaikan proses pemnelajaran, asesmen sebagai evaluasi pada akhir proses pembelajaran, asesmen sumatif.
Bentuk asesmen formatif dan sumatif
Diskusi, drama, presentasi, produk, tes lisan

